Pemberian-ASI-yang-tepat

Ini Alasannya ASI Exclusive, Baiknya diberikan sampai usia 2 tahun.

Banyak yang belum mengetahui, mengapa ASI Exclusive hanya sampai 2 tahun, ini Alasan Medisnya.

Ayah bunda, Air Susu Ibu atau ASI merupakan salah satu konsumsi wajib bagi anak-anak kita. Karena melalui ASI ini, buah hati akan terbentuk daya tahan tubuh secara optimal semasa usia 0 – 12 bulan pertamanya. Lalu 12 bulan selanjutnya membantu anak mengembangkan kemampuan afektif dan psikomotornya, dikarenakan dalam ASI banyak mengandung vitamin dan gizi.

Tapi ayah bunda, apakah mengetahui mengapa pemberian ASI hanya disarankan hingga 2 tahun dan tidak boleh lebih? Ternyata ada alasan pentingnya lo, baik dari segi medis ataupun non medis. Yuk ketahui agar bisa memahami lebih lanjut.

Pemberian-ASI-yang-tepat

ASI terbentuk sejak masa kehamilan. Beberapa Hormon seperti Progesteron dan Laktogen merangsang kelenjar susu sekitar 24 jam setelah proses persalinan.  Pada hari pertama menyusui, kelenjar susu memproduksi Kolostrum, air susu pertama yang sangat kaya nutrisi. Kemudian Pada hari ke-empat terbentuk air susu muda dan baru pada hari ke-sepuluh kelenjar susu memproduksi air susu ibu. Tapi susu itu pun cuma berupa konstruksi dasar. Paduan kandungan nutrisi di dalam susu ibu berubah secara berkala dan bergantung pada tingkat pertumbuhan bayi.

Baca : Berikut 3 alasan pentingnya menyusui bayi setiap malam

Bisa dikatakan, semakin bertumbuh bayi tersebut, maka kebutuhan nutrisi yang diproduksi dari ASI akan berubah. Nah hal inilah yang menyebabkan nutrisi-nutrisi pada ASI sangat kurang baik setelah bayi menginjak usia 2 tahun keatas.

Lalu bagaimana bagi seorang ibu yang sulit memberikan ASI?

Penelitian seorang dokter dari Swedia membuktikan bahwa begitu lahir, bayi yang ditaruh di perut ibunya dalam 50 menit akan bergerak ke arah payudara lalu mengisap puting susu dengan benar. Sebaliknya, dari kelompok bayi yang segera dimandikan setelah dilahirkan, baru kemudian dikembalikan kepada ibunya ternyata 50 %-nya tidak bisa mengisap dengan benar walaupun sudah didekatkan ke payudara. Lebih menyedihkan lagi, kelompok bayi yang dimandikan dulu dan ibunya menjalani medicated labour (proses melahirkan yang disertai obat-obatan) tak satu pun dapat menyusu dengan benar.

Kesulitan menyusui yang dialami ibu bisa dikategorikan karena bayi kehilangan panas atau sense/aroma tubuh ibunya. Sehingga ia secara alamiah tidak bisa mencari bau tersebut dan Begitupun sang ibu, yang kehilangan bau tubuh anaknya setelah dimandikan.

Ketahui : Ketahui jadwal, jumlah dan jenis pemberian nutrisi pada anak anda.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s